Tidur bukan hanya perihal istirahat saja, tetapi juga perlu memperhatikan kebersihan kasur atau spring bed yang digunakan. Tentu kamu tidak akan nyaman bila spring bed penuh noda dan kotoran bukan? Kamu hanya perlu tahu bagaimana metode mencuci spring bed sampai noda benar-benar hilang.

Metode membersihkan spring bed sama sekali tidak sulit dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu juga tidak memerlukan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan noda di spring bed. Di sisi lain, tentunya kamu harus mengetahui dan mempersiapkan alat, bahan, dan caranya.

Alat dan Bahan Cuci Spring Bed

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai metode mencuci spring bed, kamu harus mengetahui dahulu alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membersihkannya. Perlu kamu ketahui, alat dan bahan ini benar-benar mudah didapat.

Ini alat dan bahan untuk mencuci spring bed:

– Larutan sabun atau sabun cair
– Pewangi baju/softener
– Sikat
– Spons atau kanebo
– Lap kering atau handuk kecil
– Hair dryer atau kipas angin

Sangat mudah didapat bukan? Seluruh alat dan bahannya memang umum kita gunakan sehari-hari. Seandainya semua telah disiapkan, sekarang saatnya kita mulai membersihkan kasur spring bed.

Tips Mencuci Spring Bed

Sudah siap menjadikan spring bed kesayangan kamu agar tampak seperti baru lagi? Langsung saja, berikut tips mencuci spring bed yang mudah:

1. Bersihkan debu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membersihkan terlebih dahulu permukaan spring bed dari debu-debu yang melekat. Metode ini tergolong penting karena apabila tidak dibersihkan, nantinya debu akan semakin menempel dan spring bed sulit dibersihkan. Kamu dapat membersihkannya dengan memakai sapu ijuk.

2. Siapkan semua alat dan bahan

Sesudah spring bed bersih dari debu, kamu dapat membawanya ke luar kamar tidur dan siapkan juga seluruh alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa untuk segera membuat larutan air sabun.

3. Sikat Permukaan Spring Bed

Metode mencuci spring bed yang selanjutnya adalah dengan menyikat permukaan spring bed memakai larutan air sabun. Kamu dapat mengawalinya dari bagian spring bed yang paling kotor.

Perlu diingat:

Ketika memasukkan sikat ke dalam larutan air sabun, kamu harus memastikan kandungan airnya sedikit. Usahakan sikatnya diketuk-ketuk terlebih dulu. Sikat yang terlalu basah malah akan membuat spring bed menjadi lebih basah dan lembap.

4. Bilas Spring Bed

Jangan membilas spring bed dengan cara diguyur air. Dalam hal ini, kamu butuh spons atau kanebo dan siapkan juga pewangi/softener yang telah dicampur air. Ini urutannya:

– Masukkan spons atau kanebo ke larutan pewangi
– Peras sampai spons atau kanebo jadi lembap, namun tetap pastikan masih ada softener tersisa
– Usap dan lap permukaan spring bed (ini perlu dilakukan beberapa kali)
– Lap dengan lap kering supaya kandungan air dapat terserap

Jangan menunggu seluruh permukaan spring bed selesai disikat. Kamu harus melakukan pembilasan ini per bagian yang disikat. Jadi, bila kamu selesai menyikat satu sisi, langsung bilas supaya sabun tidak kering.

5. Keringkan Spring Bed

Metode membersihkan spring bed yang terakhir adalah dengan mengeringkannya. Ada berbagai metode yang dapat kamu lakukan, mulai dari menjemur spring bed di bawah terik matahari, memakai hair dryer, atau memakai kipas angin.

Pastikan seluruh bagian spring bed benar-benar kering sebelum kamu gunakan kembali untuk tidur dan beristirahat. Jika tidak, ada kemungkinan spring bed kamu dapat berjamur.

Rupanya metode mencuci spring bed cukup mudah, ya?

Kunjungi Juga: Jasa Cuci Sofa