PABX atau disingkat dengan istilah private automatic branch exchange merupakan sebuah perangkat telepon yang penerapannya dihubungkan dengan switchboard. Umumnya, PABX yang sekarang ini telah menyediakan paket PABX murah ini digunakan sebagai sarana untuk alat berkomunikasi internal para sesama karyawan yang bekerja di perkantoran. Cara kerja PABX ini sendiri mirip dengan sebuah modem, dimana cara kerjanya membatasi control station pusat. Sehingga, apabila ada nomor baru yang masuk ke dalam sistem telepon, karenanya akan diarahkan langsung ke perangkat PABX ini.

Selain itu, dengan menggunakan PABX ini untuk penyambung perangkat telepon di kantor, maka para penggunanya akan mendapatkan banyak manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Inilah beberapa diantaranya:

1. Mengendalikan biaya komunikasi. Saat kantor menggunakan PABX ini untuk perangkat telepon, maka biasanya data pembicaraan atau biaya panggilan akan dibebankan hanya ke satu nomor telepon saja, sehingga biaya berkomunikasi yang dilakukan dapat dikendalikan semurah mungkin. Dan khusus untuk perangkat PABX dengan model multitenant, umumnya akan memberikan manfaat dimana pengguna bisa dengan leluasa membatasi building management sekaligus bobot yang diberikan.

Baca Juga: NEC Indonesia

2. Meminimisasi biaya pemeliharaan ataupun operasi sistem telepon. Manfaat lainnya yang didapatkan apabila sebuah kantor menggunakan perangkat PABX ini adalah bisa meminimisasi biaya pemeliharaan ataupun operasi sistem telepon. Ini disebabkan karena saat menggunakan perangkat ini, pelanggan bisa mendapatkan biaya telepon yang lebih murah apabila diperbandingkan dengan pelanggan lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika pelanggan bisa meminimkan anggaran untuk operasi sistem maupun pemeliharaan telepon ini.

3. Meningkatkan kinerja berkomunikasi. selain bisa mengatur dan meminimisasi biaya, ketika mewujudkan perangkat PABX ini untuk sistem perangkat telepon di kantor, pelanggan juga akan mendapatkan peningkatan kinerja dalam sistem berkomunikasi. Jika kinerja berkomunikasi telah meningkat, tentu saja dapat dipastikan saat pelanggan menggunakan teleponnya untuk menelepon berbagai klien baik itu nasional ataupun internasional tidak akan mendapat masalah.

4. Tidak memerlukan yang namanya operator telepon. Dikarenakan perangkat yang satu ini telah mampu menampung segala jaringan telepon dalam satu kantor, sehingga saat menggunakan PABX ini, pelanggan tidak memerlukan lagi yang namanya operator telepon, yang terkadang bisa meningkatkan biaya untuk pembayaran tagihan telepon.

Tunggu apalagi nih, ayo beralih ke perangkat PABX untuk jaringan telepon di kantor.

Kunjungi Juga: IP PABX