CARA MEMBUAT GANTUNGAN KUNCI DARI KACA SERAT/FIBERGLASS

Fiberglass asalnya dari kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis.Serat ini bisa dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diserap dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan bendung korosi untuk diterapkan sebagai badan kendaraan beroda empat dan bangunan kapal.Seandainya orang luar sana menyebutnya Casting Clear Resin.Nah, aku akan membagi kiat terhadap kalian segala bagaimana sistem membikin gantungan kunci dari kaca serat atau yang kerap disebut fiberglass.Kiat ini layak sekali untuk anda yang berkeinginan mengawali bisnis kecil kecilan atau untuk memberikan kado untuk sahabatnya atau cuma sekedar untuk kepentingan pribadi.

Baca juga : souvenir gantungan kunci

Pertama,siapkan bahan-bahan yang diperlukan,terdiri dari bahan untuk adonan dan bahan penyokongnya.

Bahan adonan :
1. Clear Resin / Resin Jernih.
Resin ialah bahan utama untuk membikin Fiberglass. Di jual dalam wujud cairan kental berwarna jernih. Fungsi utamanya sebagai bahan baku pembentuk polimer.Tipe resin beraneka-tipe. Untuk bahan aksesoris fiberglass, biasanya memakai resin jernih atau resin butek.

Resin jernih, lazimnya diterapkan untuk wujud yang memperlihatkan kebeningannya, seperti untuk aksesoris gantungan kunci serangga dan lainnya. Padahal resin ragam butek lebih banyak diterapkan untuk pembuatan aksesoris yang berwarna, harganya lebih murah dibanding resin jernih.Zat ini dicampur dengan katalis, melainkan komposisinya lebih banyak ketimbang katalis.Kebanyakan resin telah mengandung cobalt, melainkan ada sebagian resin yang belum, seperti Resin 1560, C101, 2250, 2252 (Yukalac). Harga resin 108 (jernih) Rp. 35-40 ribu / kgHarga resin Akrilic sekitar Rp. 600-650 ribu / 4kg

2. MEKP Liquid Catalyst / Katalis.
Zat berujud cairan ini ialah campuran resin, katalis berwarna jernih dan beraroma agak menyengat. Katalis berfungsi untuk mempercepat pengerjaan pengerasan polimerasi resin, kian banyak katalis karenanya akan kian pesat Resin mengeras.

Sekiranya kena kulit akan selasar panas sehingga kalau dicampur dengan resin akan mewujudkan adonan yang terasa panas juga.Katalis diperlukan dalam jumlah relatif sedikit.melainkan memutuskan kecepatan pengeringan/ respons. Pengaplikasian katalis 1% dr resin dalam situasi dingin. jikalau cuaca panas cukup 0.8% dr resin.

Bahan Pensupport:
1. Mal atau wadah cetakan, dapat bekas Tupperware, wadah kudapan manis atau bekal & bila berkeinginan lebih artistik lagi dapat dijadikan dengan Silicon Rubber RTV.
2. Isian dari rockwork, dapat diisi seperti koin, manik-manik, kerang-kerangan, serangga yang telah diawetkan dan lainnya.
3. Release Agent /Wax/Mirror Glaze/Semir. Ini cuma optional jika dibutuhkan, diterapkan untuk mengolesi wadah cetakan yang kaprah-kaprah hasil cetakannya nanti sulit dikeluarin.
4. Wadah untuk mengaduk adonan, untuk resin clear kita gunakan yang standar untuk bahan kimia, sebab jikalau pake plastik lazim seperti bekas gelas air mineral akan memberi pengaruh kejernihan hasil rockwork.

Pelaksanaan pembuatan:
Seandainya rockwork yang berkeinginan diciptakan cuma satu warna (clear saja) + ada isiannya, karenanya levelnya cuma dua pengerjaan saja meskipun bila berkeinginan dua atau lebih warna, karenanya dapat menjadi tiga pengerjaan level dan seterusnya.

Artikel lainnya :  souvenir jam meja

1. Kita buat adonan untuk layer pertama (nanti akan menjadi komponen atas rockwork), tuangkan resin jernih kurang-lebih sama dengan volume wadah cetakan, kalaupunlebih nggak dilema kok kan masih belajar. Sesudah itu tambahkan sebagian tetes Katalis dengan perbandingan normal 10:1 (R:K).
2. Langsung aduk adonan hingga rata. Dalam pengerjaan ini perlu dipandang, warna resin akan berubah menjadi agak keruh,petunjuk bahwa katalis-nya sedang berprofesi. Nah, sesudah adonan diaduk rata jangan lantas dituang ke dalam wadah cetakan, tunggu hingga gelembung-gelembung udaranya menghilang. Jangan kuatir adonannya keburu keras, hening masih lama kok asal perbandingan R:K-nya tadi benar 10:1.
3. Tunggu sebagian menit hingga adonan menjadi seperti gel,Jadi tak terlalu keras dan agak sedikit lembek.
4. Sesudah adonan menjadi gel, SEGERA bikin adonan yang sama untuk layer kedua. Nah, dalam level ini siapkan pula isian yang akan dimasukkan, dalam gambar teladan itu ialah sebuah koin. Supaya tak timbul gelembung di sekitar benda isian saat rockwork telah jadi (keras), saat memasukkan benda isian segala bagiannya sepatutnya dilumuri dengan adonan layer kedua, berbarengan dengan menuangkan adonan layer kedua diatas layer pertama yang telah menjadi gel tadi.
5. Nah, untuk rockwork satu warna telah tinggal menunggu mengerasnya segala layer tadi. Tapi bila berkeinginan ditambah layer dengan warna lain lagi, karenanya kita ulangi langkah no. 4 dengan menambahkan Pigmen secukupnya pada adonan.
6. Rockwork fiberglass jernih siap dikeluarkan dari wadah cetakan