Sewa rumah adalah salah satu cara untuk mendapat hunian sementara bagi kehidupan Anda.

Dengan menyewa atau mengontrak rumah dalam rentang waktu tertentu, Anda dapat menempati hunian nyaman, sekalian mempersiapkan dana untuk membeli properti milik sendiri.

Oleh sebab itu, cara tersebut layak bagi Anda yang baru saja menikah dan mulai membangun rumah tangga sendiri.

Disaat ini banyak cara untuk menemukan rumah yang disewakan, terutamanya di zona perkotaan, dengan hanya lewat situs jual-beli-sewa secara online.

Walaupun demikian, jangan asal memilih rumah yang akan disewa sebab terdapat sejumlah persiapan yang wajib dijalankan, supaya Anda benar-benar menerima hunian yang nyaman serta proses sewa berjalan dengan lancar.

Berikut ini tips yang perlu dipersiapkan sebelum Anda menyewa rumah kontrakan.

Sesuaikan Lokasi dengan keperluan
Lokasi menjadi pertimbangan pertama saat Anda hendak menyewa hunian. Ada baiknya Anda mengenal secara detail lokasi rumah.

Sesuaikan dengan rutinitas yang umum dijalankan, seperti jarak ke kantor, kampus, sekolah maupun fasilitas transportasi yang bisa diakses. Memilih rumah sewa yang tidak strategis dan sesuai kebutuhan, pada hasilnya hanya akan menambah niaya transportasi sehari-harinya.

Persiapkan skema pembayaran sewa rumah
Ada dua pilihan biasa berhubungan pembayaran sewa rumah, yaitu dengan cara dibayar bulanan atau tahunan. Masing-masing cara pembayaran dapat disesuaikan berdasarkan kemampuan dan keperluan.

Kalau Anda berharap menyewa rumah dalam rentang waktu tak terlalu lama, lebih bagus memilih dengan cara pembayaran sewa secara bulanan.

Akan tetapi apabila Anda berencana menyewa hunian hal yang demikian secara rentang panjang, sebaiknya memilih pilihan pembayaran sewa rumah tahunan sebab jauh lebih ekonomis.

Teliti sebelum menyewa
Apabila Anda sukses menemukan kandidat rumah sewa yang layak, langkah selanjutnya merupakan memeriksa ‘kesehatan’ hunian secara teliti. Perhatikanlah keadaan bangunan secara keseluruhan, seperti konstruksi rumah, komponen atap dan dinding eksterior serta keadaan interior-nya.

Apabila menemukan dinding retak, jendela rusak, maupun atap bocor, segera hubungi pihak penyewa sebelum menandatangani kontrak sewa rumah, supaya tidak terjadi salah paham di kemudian hari dan dapat segera diperbaiki.

Perhatikan surat perjanjian sewa
Perjanjian sewa rumah dibutuhkan supaya pengerjaan serah-terima dapat dijalankan secara profesional dan tak merugikan pihak penyewa dan pemilik properti.

Kalau Anda menerima surat kontrak sewa rumah, amati isi kontraknya secara teliti. Pahami sejumlah poin penting, seperti tanggal akhir sewa rumah, kenaikan biaya sewa, biaya tambahan serta apa saja larangan yang dilegalkan dikala tinggal di hunian sewaan.

Baca Juga: Sewa Ruko