perawatan dan pemeliharaan kelengkapan lab
1. Pengertian perawatan
Perawatan yaitu kesibukan yang dilaksanakan untuk meningkatkan, mem¬pertahankan, dan mengembalikan kelengkapan dalam keadaan yang bagus dan siap gunakan. Dalam kaitannya dengan perawatan kelengkapan lab, perawatan dialamatkan sebagai usaha preventif atau pencegahan supaya kelengkapan tak rusak atau konsisten terjaga dalam keadaan bagus, siap beroperasi. Disamping itu perawatan juga dialamatkan sebagai upaya untuk menyetel atau membenarkan kembali kelengkapan lab yang telah terlanjur rusak atau kurang pantas sehingga siap diaplikasikan untuk kesibukan praktikum para siswa.

2. Macam perawatan
Perawatan bisa dibedakan antara perawatan terprogram dan perawatan tak terprogram . Secara terang bisa diperhatikan pada skema dibawah ini. ( Baca juga : laboratorium bahasa )

a. Perawatan terprogram
Perawatan terprogram yaitu macam perawatan yang diprogramkan, diorganisir, dijadwal, dianggarkan, dan dikerjakan pantas dengan agenda, serta dilaksanakan monitoring dan evaluasi. Perawatan terprogram dibedakan menjadi dua, yaitu: perawatan terprogram yang bersifat pencegahan atau perawatan preventif, dan perawatan terprogram yang bersifat korektif.

1. Perawatan preventif
Perawatan preventif yaitu perawatan yang bersifat pencegahan, yaitu cara perawatan kelengkapan lab yang secara sadar dilaksanakan melewati tingkatan perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan, serta monitoring dengan tujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kemacetan atau kerusakan kelengkapan lab.
2. Perawatan korektif
Perawatan korektif yaitu perawatan yang bersifat pembetulan, yaitu cara perawatan kelengkapan lab yang secara sadar dilaksanakan melewati tingkatan perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan, serta monitoring dengan tujuan untuk mengembalikan kelengkapan lab pada keadaan standar, sehingga bisa berfungsi normal.
b. Perawatan tak terprogram
Perawatan tak terprogram yaitu macam perawatan yang bersifat koreksi kepada kerusakan yang tak diperkirakan sebelumnya. Profesi perawatan ini tak direncanakan, dan tak dijadwalkan. Biasanya tingkat kerusakan yang terjadi yaitu pada tingkat kerusakan berat. Sebab tak direncanakan sebelumnya, karenanya juga disebut perawatan darurat.

3. Tujuan perawatan lab
Perawatan kelengkapan lab mempunyai sebagian tujuan yang meliputi:
a. Supaya kelengkapan lab senantiasa prima, siap diterapkan secara maksimal
b. Memperpanjang usia pengaplikasian
c. Menjamin kelancaran kesibukan pelajaran
d. Menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pemakai
e. Mengenal kerusakan secara dini atau gejala kerusakan
f. Menghindari terjadinya kerusakan secara mendadak
g. Menghindari terjadinya kerusakan fatal

Artikel lainnya : lab bahasa inggris

4. Metode Perawatan Lab
Dalam perawatan Lab,sebelum pembentukan jadwal dan agenda keperluan tarif perawatan perlu diperhatikan faktor-faktor berikut ini:

a. Objek lab yang akan dirawat.
b. Sumber energi manusia sebagai daya perawatan.
c. Sumber energi lain: alat, bahan, suku cadang, sistem, waktu, dan tarif perawatan.