motorik

Cara Meningkatkan Konsentrasi – Pengontrolan kecakapan motorik halus buah hati Anda akan membuatnya lebih bebas. Berikut merupakan sebagian keterampilan yang akan total bagi buah hati Anda di tahun-tahun prasekolah.
Zona pengembangan lain yang perlu digiatkan di tahun prasekolah ini merupakan kecakapan motorik halus, atau pemakaian tangan.

Seperti halnya kecakapan motorik kasar yang memungkinkan buah hati Anda mengerjakan tugas sehari-hari, seperti bangun dari daerah tidur dan keluar kamar untuk sarapan, kecakapan motorik halus memungkinkan untuk meningkatkan kemandirian dalam hal yang lebih kecil melainkan sama pentingnya, seperti membuka pintu, menutup ritsleting, menyikat gigi, mencuci tangan, dan lain-lain.Saat dikombinasikan dengan peningkatan koordinasi tangan-mata, kecakapan motorik halus juga membuka pintu baru untuk eksplorasi, pelajaran, dan ekspresi kreatif.

Keterampilan ini — alih-alih menghitung atau melafalkan abjad — meletakkan dasar bagi pelajaran akademis di tahun-tahun akan datang. Untuk belajar menulis atau menggambar, seumpama, tangan seorang buah hati semestinya kuat dan cukup terkoordinasi untuk membendung pensil dalam bentang waktu lama; ketangkasan dan koordinasi semestinya berfungsi secara normal untuk berpartisipasi dalam olahraga sekolah, permainan, dan aktivitas lainnya.

Di antara kecakapan motorik halus buah hati Anda yang dapat disempurnakan di tahun prasekolah merupakan kecakapan untuk:

• melekatkan sesuatu di kertas

• menepuk tangan• meraba jari

• menutup dan membuka kancing

• menaikkan dan menurunkan ritsleting

• membangun menara setinggi 10 balok

• puzzle komplit dengan lima atau lebih potongan puzzle

• memakai pensil dan krayon dengan cukup bagus untuk mewarnai dan menggambar

• menyalin satu lingkaran atau silang ke selembar kertas

• menggunting wujud simpel dengan gunting plastik yang aman untuk buah hati-buah hati

Sistem terbaik bagi Anda untuk menolong memaksimalkan keterampilan ini ataupun kecakapan lain yang berkaitan dengan tangan merupakan memberikan buah hati Anda beragam ragam bahan dan peralatan untuk diterapkan pantas khayalan buah hati.Sebagian alternatif yang bagus di antaranya yaitu balok mainan seperti magnet block dan Lego, krayon, spidol dan cat yang dapat dibersihkan dan tak berbisa, pasta lem, perekat, tanah liat, gunting plastik, pakaian lapis untuk menghindari noda, buku mewarnai, dan kartu-kartu jahit simpel. Ini juga yakni waktu yang ideal untuk memainkan teka-teki, mainan pasir dan air, serta alat musik.