Pengertian Paper Cup

Paper Cup adalah jenis gelas yang berbahan baku dari kertas. Secara etimologi arti kata dari paper cup / paper bowl dibagi menjadi 2 suku kata adalah “paper” & “cup/bowl”. Paper (dalam bahasa inggris) yang artinya kertas. Cup/bowl (dalam bahasa inggris) yang arfinya gelas atau cangkir.

Tetapi ini bukan sembarang kertas. Kertas yang digunakan yaitu kertas tebal atau yang dikenal dengan kertas karton. Selain paper cup yang berbentuk gelas juga ada paper bowl adalah sejenis mangkuk yang terbuat dari kertas. Adapun kehadiran paper cup dan bowl paper ini yaitu sebagai wujud bentuk kepedulian lingkungan.

Selain itu dalam pembuatan paper cup, kertas yang digunakan tidak sekadar kertas yang dilipat menjadi bentuk gelas (sekedar sebagai kertas origami) tapi kertas dilipat yang dibentuk mirip dengan gelas tersebut dapat digunakan sebagai wadah untuk minuman ataupun makanan. Sehingga harus menjaga kekokohan, mutu dan keamanan kemasan. Umumnya dalam pembuatannya, kertas paper cup dilapisi dengan plastik tipis atau lilin agar paper cup tidak bocor.

Anda tentu sering kali mengamati kehadiran paper cup / paper bowl ini. Anda akan sering melihat paper cup / paper bowl ini pada bisnis masakan seperti restoran dan kafe siap saji dalam bentuk box makanan atau cup es krim.

Namun tahukah Anda perihal sejarah paper cup ini? Apabila anda belum tahu, simak selengkapnya perihal sejarah paper cup dibawah ini.

Sejarah Paper Cup (Plastik Cup)

Pertamakali kertas ditemukan pada abad ke 2 SM (sebelum masehi). Sementara gelas ditemukan pada masa imperial cina yang sudah tercatat sebagai kerajinan. Dimana gelas dikenal dengan sebutan “chih pei” yang digunakan sebagai tempat penyajian teh. Saat itu juga paper cup telah diketahui. Terdapat beraneka ukuran, warna dan desain paper cup yang menarik / unik.

Kemudian paper cup (plastik cup) mulai dimaksimalkan lagi pada abad 20. Di permulaan abad ke 20 ini, seperti di negara-negara maju, sudah dilakukan sebuah kebiasaan dimana mereka saling berbagi gelas untuk minum yang berasal dari sumber air keran-keran di sekolah ataupun di barel stasiun. Sehingga muncul kekhawatiran berkaitan kebersihan gelas yang digunakan tersebut. Berhubungan akan kebiasaan inilah penggunaan gelas bersama mulai dilarang. Sehingga paper cup mulai digunakan. Lalu lama kelamaan berbagi gelas bersama mulai menghilang. Walaupun seperti itu penerapan paper cup mempunyai keuntungan dan kerugiannya.

Kelebihan Penggunaan Paper Cup

1. Ramah Lingkungan

Daripada gelas plastik yang mempunyai efek buruk kepada lingkungan karena plastik susah terurai. Sehingga gelas yang terbuat dari kertas dianggap lebih ramah lingkungan. Karena bahan ini tidak mempunyai zat yang membahayakan, dan mudah terurai secara natural sehingga ramah untuk lingkungan

2. Aman digunakan dalam microwave

Paper cup dasarnya berasal dari pohon yang aman materialnya tidak mempunyai zat membahayakan.

3. Daur Ulang

Gelas Kertas (paper cup) termasuk gelas yang bersih karena materialnya terbuat dari bahan natural yaitu dari pohon sehingga benar-benar mudah terurai.

4. Aman dan Ringan

Dibandingkan dengan gelas plastik atau gelas stereofoam, gelas kertas lebih aman, karena dari bahan natural, dan mudah terurai serta aman untuk digunakan untuk minuman bersuhu panas ataupun dingin. Gelas kertas juga ringan dan praktis dibawa kemana-mana.

Kekurangan Penggunaan Paper Cup

1. Karena penggunaan paper cup semakin hari semakin bertambah dan paper cup hanya digunakan sekali pakai, sehingga menimbulkan sampah yang semakin banyak. Walaupun mudah terurai, tetapi jika tidak diproses dengan sempurna maka akan mengakibatkan sampah yang menumpuk.

2. Walaupun bahan terbuat dari bahan natural yang tidak membahayakan, tetapi tidak jarang material pada paper cup yang digunakan untuk wadah minuman, bisa sedikit merubah rasa sehingga akan sedikit menganggu para penikmatnya.

3. Walaupun bahan ringan dan tidak mudah pecah, tetapi jika produksi paper cup tidak hati-hati akan bisa merugikan Anda, dan juga harus membutuhkan tempat yang cukup luas jika Anda menyimpannya dalam jumlah yang banyak.

Demikianlah informasi perihal kelebihan dan kekurangan penggunaan paper cup ini. Semoga bermanfaat!

Cek Juga: Dus Makanan