dapur produksi

Nyaris satu abad Rinnai Jepang menghadirkan produk rumah tangga berkwalitas. Dijual dari Jepang ke beragam negara dengan kwalitas terbaik.

Rinnai Corporation, Japan mempunyai sejarah yang panjang. Semenjak tahun 1920 didirikan oleh Kenkichi Hayashi dan Hidejiro Naito. Bermula dengan produk kompor gas simpel, pemanas air dan penghangat ruangan yang mengaplikasikan gas.

Kecuali menjelang pasar bursa Tokyo pada tahun 1983, produk Rinnai diketahui luas di mancanegara. Bukan cuma kantor cabang namun sebagian pabrik juga sudah berdiri di beragam negara.

Dengan empat pabrik yang berada di Jepang, ialah Asahi, Oguchi, Seto dan Akatsuki, Rinnai memasok keperluan kompor dan pemanas air di segala Jepang. Dengan semboyan ‘Quality is Our Destiny’, Rinnai terus mengoptimalkan produknya.

Semisal saja kompor gas dengan pengaman yang dimaksimalkan dengan konsep gampang dioperasikan. Kompor Gas Seri Delicia kecuali desainnya menawan juga dapat dikaitkan dengan telpon seluler dan super aman.

“Tiap negara mempunyai gaya hidup berbeda, maka pengembangan produk disesuaikan dengan market. Sesudah itu barulah penemuan kreatif dijalankan,” demikian ungkap Yoichi Kojima, Factory Manager terhadap detikFinance di Oguchi sebagian waktu lalu.

Mengintip Dapur Produksi Kompor Rinnai yang Berusia 98 TahunFoto: Odilia Winneke Setiawati

Ketika mengunjungi pabrik Rinnai di Oguchi, Niwa, perfektur Aichi yang memproduksi kompor gas, detikFinance memperhatikan secara lantas bagaimana cara terpadu atau ‘integrated system’ diaplikasikan dalam tiap tingkatan produksi.

Pabrik ini yakni pabrik yang dibangun pertama kali pada tahun 1964. Dengan konsep alur produksi dari bangunan di komponen Timur ke arah Barat seperti arah sang surya terbit.

Di pabrik ini diproduksi segala variasi kompor gas. Secara keseluruhan tak ada bedanya dengan cara kerja produksi di pabrik Rinnai Balaraja, Tangerang. Cuma sebagian tingkatan mengaplikasikan kekuatan robot. Seperti pengecatan dan perakitan kaki tungku.

Sebagian mesin hasil rakitan Rinnai juga diaplikasikan untuk memproduksi komponen kompor yang cuma khusus untuk Rinnai. Ditandai dengan label ‘Rinnai’ pada unit mesinnya. Dengan pemeliharaan yang bagus, mesin-mesin yang telah berusia puluhan tahun konsisten bisa berfungsi dengan bagus. Sementara penambahan mesin-mesin baru juga terus dijalankan.

Mengintip Dapur Produksi Kompor Rinnai yang Berusia 98 TahunFoto: Odilia Winneke Setiawati

Pabrik Oguchi membikin berbagai variasi kompor gas khusus untuk pasar Jepang. Kompor gas seri Delicia dalam beragam ragam yang jadi penemuan kreatif terupdate juga dihasilkan di pabrik ini.