Pria Ini Menemukan Cincin Emas Peninggalan Romawi yang Berusia 18 Abad

Seorang pemburu harta karun amatir menemukan cincin emas Romawi berusia 1.800 tahun di Somerset, Inggris, dengan mengaplikasikan alat pendeteksi logam.

Dikabarkan dari Daily Mail, 4 Agustus 2018, Jason Massey, 45 tahun yang berprofesi sebagai petugas penguasaan hama, menemukan perhiasan langka, yang menampakkan ukiran dewi kemenangan Bangsa Romawi, di sebuah ladang dekat Crewkerne, Somerset, Inggris.

Baca Juga: cincin kawin

Cincin emas ini diyakini milik seorang tokoh dengan status sosial tinggi dan berpotensi sebagai salah satu inovasi arkeologi paling signifikan dalam sejarah Somerset.

Cincin emas Romawi sekarang berada di tangan para spesialis di British Museum di London. Cincin ini diperkirakan berasal dari tahun 200 sampai 300 Masehi.

Massey, yang pernah berdinas di angkatan bersenjata Inggris dari 1989 sampai 1992, menemukan cincin di sebuah web yang diyakini pernah menjadi vila pejabat Romawi berstatus tinggi selama acara penggalian amal bersama golongan “Detecting for Veterans”.

“Regu arkeologi Somerset menyangka kami sudah menemukan rumit vila dengan status betul-betul tinggi, namun lebih banyak profesi investigasi dibutuhkan,” kata Massey.

Massey dan pemilik tanah akan berbagi 50 persen dari tiap-tiap profit dari cincin emas sesudah para peneliti British Museum menetapkan nilainya.

“Kami tak tahu berapa besar poin cincin itu, tak ada yang seperti itu di Inggris,” kata Massey.

Acara “Detecting for Mantan” sudah menemukan 60 koin Romawi lainnya pada Pekan sebagai komponen dari penggalian yang sedang berlangsung di web Crewkerne, yang berlokasi di barat selatan Yeovil.

Koin perunggu dan perak yaitu inovasi biasa dibanding emas, yang umumnya dimiliki oleh orang Romawi yang kaya dan berkuasa.

Ciorstaidh Hayward-Trevarthen, humas South West Heritage Trust, organisasi dalam bidang artefak, mengatakan, “Ada sebagian cincin emas semacam itu akhir-akhir ini di Somerset namun jarang ditemukan”.

“Emas yaitu indikasi bahwa pemiliknya cukup kaya,” kata Ciorstaidh.

Cincin emas yang ditemukan Massey menampakkan ukiran Victoria, dewi kemenangan Romawi, yang mengendarai kereta yang ditarik oleh dua kuda.

Dewi Victoria banyak terukir pada koin, perhiasan, arsitektur, dan seni Romawi lainnya, dan sering kali ditunjukkan mengendarai kereta kuda perang.

 

Baca Juga: cincin berlian wanita