Pernikahan adalah momen yang istimewa. Pada hari itu, wanita merasa seperti menjadi ratu sehari dengan mengenakan kebaya pengantin impiannya. Untuk menerapkan kebaya yang cocok tidak sedikit persiapan yang sepatutnya dilakukan mulai dari memilih model, potongan sampai warna. Dari banyaknya persiapan itu tak mengherankan jika pembuatan kebaya dapat memakan waktu dua hingga lima bulan.

Apakah Anda termasuk yang sedang mempersiapkan kebaya pengantin? Berikut ini tips dari para desainer kebaya ternama yang dapat menolong Anda tampil menawan dengan busana pengantin alternatif.

1. Potongan Kebaya
Pertama-tama yang sepatutnya dilihat saat membuat kebaya pengantin adalah potongan dari kebaya tersebut. Berdasarkan Anne Avantie dalam mempertimbangkan potongan kebaya coba secara khusus disesuaikan dengan bentuk tubuh, kesempatan dan kepentingan serta selera yang benar-benar Anda inginkan.”Jika seleranya salah jalan, pasti akan salah kostum” ujar wanita kelahiran Semarang, 20 Mei 1964 itu.

Untuk Anda yang mempunyai badan cenderung kurus, hindari potongan pada bagian lengan yang terlalu kecil. Dan sebaliknya untuk yang berbadan gemuk, hindari potongan bagian lengan kebaya terlalu besar.

Baca Juga: Kebaya Pengantin Modern

Potongan kebaya ini juga sepatutnya disesuaikan dengan tinggi badan. Desainer Ferry Sunarto memberikan tips untuk Anda yang mempunyai badan tinggi dapat memakai potongan kebaya yang panjang sampai menyentuh lantai. Dengan potongan kebaya yang menyetuh lantai ini, jenjang kaki Anda jadi tak tampak terlalu berjenjang sebab tertutup kain. Dan sebaliknya untuk yang mempunyai badan pendek, hindari kebaya yang potongannya sampai menyentuh lantai. Sebaiknya potongan kebaya tak hingga menyentuh lutut, cukup sampai di bawah pinggul.

Dalam memilih potongan kebaya ini, calon pengantin juga perlu menentukan konsep pernikahan yang akan digelar apakah outdoor atau indoor wedding. Desainer Amy Atmanto memberi saran jika Anda mengadakan pernikahan dengan konsep pesta kebun, sebaiknya jangan buat kebaya dengan potongan yang terlalu panjang.”Nanti terinjak-injak. Apalagi jika berpapasan dengan orang banyak,” ujar Amy.

2. Trik Khusus
Amy Atmanto mengatakan umumnya para desainer mempunyai trik-trik khusus dalam membuat kebaya untuk klien. Misalnya untuk yang mempunyai leher kurang tinggi, desainer umumnya akan memberikan potongan leher yang memberikan efek tinggi. Untuk memberikan efek tinggi ini dapat dengan kerah format V atau yang potongan dada rendah.

“Dengan penggunaan yang dapat menutup komponen-komponen tertentu ini membuat sebagian kekurangan bisa tertutupi dan kelebihannya dapat ditampilkan,” ujar wanita yang pernah menerima penghargaan sebagai Kartini Award piala Ibu Negara pada tahun 2011 itu.

3. Warna
Warna menjadi salah satu hal yang ikut serta mempertimbangkan penampilan Anda dikala mengenakan kebaya. Untuk Anda yang berbadan kurus coba pilih warna-warna cemerlang supaya tampak lebih berisi. Hindari warna-warna yang gelap sebab cuma akan memberikan efek kecil pada tubuh Anda.

Amy Atmanto menambahkan untuk Anda yang mempunyai kulit coklat atau sawo matang, hindari penggunaan warna gelap pada kebaya pengantin. Dengan penggunaan warna yang lebih gelap, justru akan memberikan kesan yang jauh lebih gelap pada kulit Anda.

“Semisal kita ambil contoh warna ungu. Ungu itu bermacam-macam gradasinya. Ada ungu yang memberikan kesan gelap pada kulit, ada ungu yang memberikan efek terang untuk kulit saat dipakai” ujar Amy.

Simak Juga: Sewa Baju Pengantin