Karbon Aktif – Ketika ini terdapat sebuah zat baru dalam dunia kesehatan dan kecantikan, zat ini disebut sebagai satu pendatang baru yang diinfokan amat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berjenis-jenis racun dan zat-zat membahayakan. Pendatang baru disebut sebagai karbon aktif alias activated charcoal. Untuk, karbon aktif satu ini bukanlah sebuah karbon aktif yang awam diaplikasikan untuk membikin bara api.

Namun, sebagai karbon atau zat arang yang diciptakan dari bahan-bahan natural. Dan umumnya karbon aktif yang satu ini tersedia dalam format pil atau bubuk. Karbon Aktif- Ketika ini terdapat sebuah zat baru dalam dunia kesehatan dan kecantikan, zat ini disebut sebagai satu pendatang baru yang diinfokan amat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berjenis-jenis racun dan zat-zat membahayakan. Pendatang baru disebut sebagai karbon aktif alias activated charcoal. Untuk, karbon aktif satu ini bukanlah sebuah karbon aktif yang awam diaplikasikan untuk membikin bara api. Namun, sebagai karbon atau zat arang yang diciptakan dari bahan-bahan natural. Dan umumnya karbon aktif yang satu ini tersedia dalam format pil atau bubuk.


Karbon aktif ialah sebuah senyawa amorf yang diciptakan dari bahan-bahan yang mengandung karbon aktif yang dibutuhkan secara khusus untuk menerima energi adsorpi yang tinggi. Sebuah karbon aktif bisa mengadsorpsi gas senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, dan tergantung pada besar volume pori-pori dan luas permukaan. Energi serap karbon aktif amat besar, yakni 25-1000% kepada berat karbon aktif.

Dalam pembuatan karbon aktif terdapat tiga tahap, yakni1. Pelaksanaan dehidrasi2. Pelaksanaan aktivasi3. Pelaksanaan karbonisasiSegala tergantung pada kwalitas aktif pada macam bahan baku, teknologi pengolahan, sistem progres, dan akurasi pengaplikasiannya.

Apa itu activated charcoal alias aktif karbon?

Telah lama diketahui bahwa zat arang yang diaktifkan bisa menjadi pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Dan zat ini umumnya diciptakan dari batok kelapa sawit tua atau serbuk kayu. Sebuah karbon aktif akan diaktifkan untuk memperluas energi ikatnya. Untuk cara kerja pengaktifan hal yang demikian dikerjakan dengan sistem merendam karbon aktif pada sebuah bahan-bahan kimia tertentu. Dan salah satu karbon aktif yang awam kita jumpai ialah obat pelancar pencernaan yang berbentuk pil atau tablet yang dapat didapat di apotik-apotik terdekat.

 

Apa saja kegunaan dari karbon aktif?

1. Memutihkan gigi

Sekiranya Anda terlalu kerap kali mengisap rokok atau mengonsumsi kopi, teh, atau minuman memabukkan. karbon aktif cakap mengembalikan warna gigi natural Anda serta menjaga kesehatan mulut. Sebab zat karbon aktif bisa menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan bisa meredakan penyakit gusi.

2. Menawar racun

Kegunaan karbon aktif yang paling banyak diketahui lazimnya sebagai penawar racun. Dan jangan heran seandainya karbon aktif umumnya senantiasa disediakan di instalasi gawat darurat. Tetapi, Ada sebagian jenis racun yang tak dapat diikat oleh karbon aktif. Sebagian figur jenis racun yang tak dapat dipecahkan dengan mengonsumsi karbon aktif ialah keracunan dari alcohol, sianida, dan litium.

3. Membersihkan saluran pencernaan

Banyak yang tak menyadari, bahwa saluran pencernaan umumnya dipenuhi dengan sisa-sisa zat atau racun yang beresiko memunculkan respon alergi tertentu seandainya tak dibersihkan. Sekiranya Anda mengonsumsi pil carbon active  dapat membersihkan saluran pencernaan Anda.