Salah satu tujuan terpenting dari setiap klinik dan rumah sakit adalah untuk menarik pasien dan menawarkan layanan berkualitas. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi ketertarikan pasien yang efektif dan peningkatan kehadiran online dan offline.
Berikut 10 cara untuk menarik pasien ke klinik dan rumah sakit Anda.

1. Kenali pasien Anda dan kebutuhan mereka

Untuk memikat pasien ke klinik atau rumah sakit Anda, Anda harus mengidentifikasi kebutuhan pasien Anda dan menanganinya sesuai kebutuhan. Apa yang mereka cari? Operasi macam apa? Apakah mereka datang untuk mencari operasi berbiaya rendah? Kualitas tinggi? Semua pertanyaan ini harus memiliki jawaban yang tepat. Itulah mengapa riset pasar yang menyeluruh menjadi prioritas Anda. Ini akan membantu Anda menilai kelayakan barang atau layanan baru dan membandingkan pendapat produk dan masukan lain dari konsumen. Hasilnya, layanan Anda akan memenuhi kebutuhan pasien Anda dan hanya memenuhi harapan. Selain itu, riset pasar sebelumnya menunjukkan bagaimana menyoroti kekuatan Anda dan mengatasi kelemahan untuk mengembangkan bisnis Anda secara efisien.

2. Bangun reputasi Anda

Keyakinan dan kepercayaan pasien terhadap tenaga medis adalah salah satu faktor terpenting saat memilih klinik atau rumah sakit. Oleh karena itu, tim yang terkenal dan berempati menarik bagi pasien karena tampak lebih dekat dengan pasien, lebih memperhatikan kebutuhan mereka, memberikan perawatan terbaik berdasarkan kasus per kasus. Bagi sebagian besar pasien, pergi ke rumah sakit bukanlah pekerjaan yang menyenangkan. Pastikan rumah sakit Anda memiliki reputasi yang baik dan cobalah untuk menjaga hubungan dekat dengan pasien Anda. Kepercayaan mereka akan segera menarik mereka ke klinik Anda.

Untuk mendapatkan pengakuan internasional, aktiflah di jejaring sosial (Twitter, Instagram, LinkedIn, Facebook). Ini akan berdampak positif pada pasien, menghadirkan tim, berbagai operasi yang dipraktikkan di klinik. Profesional perawatan kesehatan harus menunjukkan aspek sosial dan kemanusiaan mereka. Kemudian, fokuslah pada apa yang Anda lakukan daripada siapa Anda (memanfaatkan pemasaran aspirasional). Ingatlah bahwa Anda memberikan layanan: peka terhadap permintaan pasien Anda.

Lihat Juga: csr klinik kesehatan

3. Tingkatkan branding Anda

Selanjutnya, perlu dilakukan pembenahan branding. Mengapa tidak online dan memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan reputasi Anda? Buat grup diskusi pada blog di situs web Anda dan diskusikan berbagai topik, berikan saran tentang setiap jenis spesialisasi yang Anda berikan, sebelum, selama, atau setelah penyakit. Anda juga dapat menggunakan YouTube untuk membuat video yang memberikan saran perawatan kesehatan khusus kepada publik. Memberikan saran dan meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan akan mengembangkan citra merek Anda dan, akibatnya, akan lebih mudah menarik pasien ke klinik Anda.

4. Bangun kepercayaan pasien selangkah demi selangkah

Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kepercayaan antara klinik / rumah sakit Anda dengan calon pasien. Untuk mendorong pasien agar bertemu dengan Anda berkat pengetahuan dan keterampilan Anda, Anda perlu membuat iklan tentang layanan dan jalur karier Anda. Dalam hal ini, situs web Anda harus menekankan kualifikasi tinggi Anda dalam bidang keahlian dan teknologi mutakhir yang diterapkan di klinik Anda. Selain itu, jangan ragu untuk menyertakan testimonial pasien serta rujukan dan rekomendasi dari kolega Anda. Ingatlah bahwa tujuan jangka panjang Anda adalah menciptakan saling pengertian dengan calon klien Anda.

5. Buat situs web yang ramah pengguna

Fokus pada pemasaran medis untuk rumah sakit. Situs web interaktif yang luar biasa adalah salah satu alat paling efisien untuk mengiklankan merek Anda secara efektif. Situs web harus ramah pengguna dan sangat terbaca untuk semua calon pasien. Rancang dan perbarui situs web medis untuk pasien Anda. Situs medis untuk pasien adalah pendorong inti untuk keterlibatan di masa depan yang akan meningkatkan daya saing Anda di pasar. Sajikan layanan yang Anda berikan, garis bawahi reputasi Anda, jelaskan keterampilan Anda dan staf serta teknologi inovatif yang digunakan di klinik Anda.

Situs web dapat menjadi alat yang sangat penting dalam pengembangan layanan Anda, asalkan benar-benar lengkap dan terperinci. Pelanggan harus memiliki kemungkinan untuk menemukan semuanya di situs web Anda. Berikan detail kontak Anda – pastikan untuk menyertakan peta untuk menunjukkan lokasi klinik. Jadi, penting untuk mengetahui dengan tepat audiens target Anda dan menggunakan kata kunci strategis untuk menarik mereka. Lakukan yang terbaik untuk memberi tahu klien Anda tentang setiap detail yang berkaitan dengan kesehatan, kedokteran, dan pembedahan.

6. Menarik pasien secara lebih efektif dengan menawarkan layanan gratis

Tawarkan sesuatu yang gratis kepada pasien Anda. Ini akan menarik perhatian mereka ke layanan Anda dan akibatnya akan memperkuat posisi Anda di pasar. Misalnya, pikirkan brosur informasi gratis yang didistribusikan selama musim panas atau saran nutrisi misalnya. Calon pasien Anda pasti akan menikmati menonton video instruksional dan tutorial gratis di saluran YouTube Anda. Menawarkan materi gratis memberi pasien Anda insentif untuk kembali ke klinik Anda di masa mendatang. Mungkin butuh waktu, tapi ketika calon pasien membutuhkan layanan yang Anda tawarkan, nama Anda akan langsung muncul di benaknya berkat tindakan sebelumnya ini. Strategi insentif terdiri dari menawarkan layanan pada waktu tertentu untuk memotivasi dan mendorong pasien untuk memilih klinik Anda di masa mendatang.

Baca Juga: SDG Seminar Indonesia

7. Ingatlah budaya yang berbeda dari pasien Anda

Jangan lupa bahwa sejumlah besar pasien Anda kemungkinan besar adalah pasien internasional. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk berpikiran terbuka terhadap budaya dan bahasa yang berbeda dari pasien Anda. Karenanya, personel medis Anda harus memiliki spesialisasi dalam mengelola lintas budaya untuk memenuhi permintaan pasien Anda. Memang, mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pasien Anda berdasarkan kasus per kasus memainkan peran penting dalam kepuasan pelanggan. Mari kita periksa strategi khusus yang diperlukan dalam identifikasi kebutuhan.

8. Menawarkan kepuasan pelanggan yang lebih baik

Kepuasan pasien sangat penting untuk menarik pasien baru ke klinik atau rumah sakit Anda. Untuk mencapai kepuasan pelanggan, dibutuhkan kehati-hatian yang tinggi di semua tahap layanan: sebelum, selama, dan setelah perawatan. Setiap langkah pengalaman pasien perlu diatur dengan cermat. Kembangkan suasana positif antara staf (dokter, perawat, sekretaris) dan pasien, selama percakapan tentang perawatan dan pembedahan. Garis bawahi harapan dan perhatian yang diterima pasien, serta keterbukaan untuk berdialog dan berbagi nilai-nilai bersama. Sekali lagi, untuk menjamin kepuasan pasien, perlu untuk secara tepat mengidentifikasi kebutuhan mereka dan menanganinya dengan tepat. Memastikan kepuasan pasien yang optimal akan mengembangkan reputasi klinik atau rumah sakit Anda. Hasilnya, Anda akan menarik pasien dengan cara yang efektif ke layanan Anda.

9. Menginspirasi kepercayaan pasien dan menjadikan klinik Anda tempat yang dapat diandalkan

Selanjutnya, pikirkan penelitian loyalitas pasien. Tujuan utama setelah perawatan adalah untuk menjaga agar pasien tetap setia pada klinik / rumah sakit. Klinik atau rumah sakit dapat menawarkan tarif preferensial kepada pasien untuk layanan tertentu dari operasi berulang (misalnya, operasi plastik dan anti penuaan). Mereka harus merasa seperti bagian dari klinik dan diperlakukan seperti pelanggan setia dan VIP. Jangan lupa bahwa pasien yang puas dan setia merupakan brand ambassador untuk mempromosikan pelayanan diantara calon pasien lainnya. Ia akan membangun reputasi klinik / rumah sakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan pendekatan yang berbeda dan membina hubungan khusus dengan pasien yang setia sehingga merasa diperlakukan dengan penuh perhatian oleh petugas di klinik / rumah sakitnya.

10. Bangun reputasi klinik Anda

Last but not least: reputasi yang kokoh dari klinik / rumah sakit secara umum. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, kepercayaan pasien sangat bergantung pada reputasi pusat perawatan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kepuasan dan loyalitas pasien, dengan tetap memperhatikan etika profesi dan regulasi yang berlaku di bidang medis. Tak perlu dikatakan bahwa untuk menjalankan klinik Anda dengan biaya yang efektif, sejumlah besar pasien harus berkontribusi pada anggarannya. Namun, selalu bertindak sesuai dengan hukum profesi. Jika tidak, testimoni dan reputasi pesaing dapat mengungguli Anda dan, akibatnya, berdampak buruk pada bisnis dan citra klinik / rumah sakit Anda.

Kesimpulannya, untuk menarik pasien ke pusat kesehatan Anda, penting untuk mengidentifikasi dan menangani kebutuhan pasien Anda dan calon pasien Anda sejak awal. Pada langkah selanjutnya, pastikan Anda memberikan layanan dengan kualitas terbaik yang akan mendapatkan reputasi yang baik untuk klinik Anda. Soroti profesionalisme, keahlian di bidang, pengetahuan, dan keterampilan Anda. Ingatlah bahwa membangun reputasi adalah kepentingan utama Anda untuk menginspirasi kepercayaan pasien Anda. Lakukan yang terbaik untuk menjamin kepuasan pasien dan membangun loyalitas mereka. Hasilnya, Anda akan mempertahankan pasien Anda dan memperkuat posisi klinik / rumah sakit Anda di pasar.

Cek Juga: PTTEP Dompet Dhuafa