Salah satu bahan-bahan dalam pembangunan rumah adalah atap. Pelapis atap merupakan salah satu unsur atau bahan material yang sering kali mengalami perkembangan. Mulai dari wujud, material penyusun, kelebihan dan kekurangan, setiap produk terus menghadirkan hasil yang jauh lebih menarik dan menjanjikan. Trend terbaru tentang pelapis atap terkini adalah bagaimana menjadikan sebuah atap yang ringan, mudah digunakan, mempunyai daya tahan tinggi, menghangatkan penghuni di dalamnya serta yang terakhir yaitu atap ramah lingkungan.

Baca Juga: Alderon (Prio)

Anda pada umumnya mengetahui jenis-jenis atap rumah seperti genteng metal, yang terbuat dari bahan logam dengan wujud lembaran ringan yang menyerupai seng. Dimana cara kerja pemasangannya relatif lebih kencang karena bentuknya yang lebar. Atau juga genteng asbes yang biasanya lebih banyak dipakai untuk rumah-rumah perindustrian. Dimana genteng ini terbuat dari gabungan mineral silikat alam, yang mempunyai bobot ringan dan pemasangannya yang lebih mudah. Ada juga genteng tanah liat dan keramik yang mayoritas digunakan sebagai pelapis atap bermacam-macam rumah seperti rumah minimalis yang simpel serta desain rumah minimalis lainnya.

Tidak berhenti disitu saja, penemuan pada pelapis genteng terus berkembang cepat. Salah satu terobosan atap ini adalah atap PVC yang sekarang dikemas dalam bermacam jenis varian. Salah satu atap PVC yang sekarang sedang populer yaitu Atap Alderon. Apakah anda pernah mendengar sebelumnya perihal atap ini? Atap Alderon merupakan salah satu dari jenis atap PVC yang penerapannya bisa digunakan pada bangunan seperti tempat tinggal. Atap ini mempunyai bermacam-macam keunggulan, dimana salah satunya yaitu tampilannya yang menarik dan benar-benar sesuai dengan tema minimalis. Lebih hebatnya lagi, atap alderon tidak menyebabkan ruangan di dalamnya terasa panas sehingga konsumen semakin berminat menggunakan atap tersebut. Keunggulan-keunggulan lain yang dimiliki oleh atap alderon diantaranya sebagai berikut:

Simak Juga: Solartuff (Prio)

1. Hemat Energi: Keunggulan utama dari penggunaan atap ini yaitu alderon bisa melakukan penghematan energi, dimana atap menjadi sejuk karena panas matahari yang datang tidak diserapnya. Atap ini cenderung bersifat dingin sehingga membuat penghuni jauh lebih nyaman dan teduh dan bisa juga digunakan sebagai salah satu metode memecahkan udara panas di dalam rumah.
2. Ramah Lingkungan. Pembuatan atap alderon ternyata melibatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti material UPVC yang berfungsi sebagai daya tahan atap untuk mengatasin korosi serta cahaya UV yang berlebihan. Selain itu, bebannya juga ringan sehingga saat pemasangan menjadi lebih fleksibel.
3. Harga Ekonomis. Untuk membeli atap alderon rupanya tidak memerlukan biaya yang cukup mahal. Atap ini sangat ekonomis dan terjangkau. Sangat layak bagi Anda yang menginginkan cara pembangun rumah dengan dana minim.

Secara garis besar, atap alderon terbagi menjadi dua jenis yaitu Alderon Twinwall Corrugated dan Alderon RS Single Wall Corrugated. Masing-masing jenis atap ini mempunyai keunggulan yang berbeda, berikut penjelasannya:

Cek Juga: Pasang Kanopi

1. Alderon Twinwall Corrugated

Jenis ini adalah atap dengan wujud gelombang yang berongga serta dihasilkan dengan bahan UPVC yang bisa menambah kekuatan dari jenis atap alderon ini. Beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh atap Alderon Twinwall Corrugated yaitu:

– Tahan lama. Kenapa atap alderon jenis ini mempunyai daya tahan yang baik? Hal ini karena dalam proses kerja pembuatannya, atap alderon diformulasikan dengan pelindung UV supaya dapat menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu.
– Selain panas dan meredam suara. Struktur atapnya yang berongga akan menolong Anda untuk mengurangi pengerjaan seperti memasang lapisan insulasi sebagai pencegahan panas yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, rongga ini juga bisa menolong meredam bunyi yang datang dari luar terutama disaat hujan deras.
– Kuat dan kokoh. Atap alderon dihasilkan dengan struktur dinding rongga yang padat sehingga menyusun atap ini menjadi sangat kuat dan kokoh.
– Tidak berkarat. Kehebatan lainnya adalah atap ini juga tahanĀ  terhadap lingkungan ekstrem yang bisa menyebabkan korosi. Daya tahan ini berbeda dengan atap pada umumnya yang biasanya lebih rentan. Alderon juga di desain tahan pada karat dan tidak mudah rapuh atau hancur.
– Terdapat dalam berbagai varian warna. Salah satu nilai yang membuat atap alderon benar-benar layak untuk rumah minimalis karena atap ini tersedia dalam berbagai variasi warna. Anda malah tidak perlu bingung untuk memilih atap yang cocok dengan warna cat rumah elegan Anda.

Simak Juga: Atap Polycarbonate

2. Alderon RS Single Wall Corrugated

Salah satu jenis dari atap alderon yaitu Alderon RS Single Wall Corrugated dimana atap ini adalah atap UPVC single layer yang benar-benar ringan akan tetapi tidak membiarkan celah sinar masuk ke dalam ruangan Anda. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimilikinya:

– Tidak berkarat. Sama seperti jenis atap pertama, jenis tap alderon rs juga tahan terhadap karat.
– Tahan terhadap api. Ketika atap alderon dengan tidak sengaja terkena api, Anda tidak perlu merasa cemas. Karena dengan menggunakan atap ini, api akan padam dengan sendirinya.
– Mudah dipotong. Pemasangan atap alderon benar-benar mudah, untuk memotongnya Anda tidak memerlukan perlengkapan-perlengkapan khusus.
– Mudah dibentuk. Selain mudah dipotong, atap alderon juga mudah disusun. Sangat fleksibel untuk Anda yang menginginkan bentuk atap melengkung.
– Perawatannya sangat mudah. Disamping kelebihannya yang sangat banyak, perawatan atap ini juga sangat mudah.

Demikianlah jenis atap alderon yang perlu Anda ketahui. Semoga berguna!

Kunjungi Juga: Harga Alderon