Keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan harus menjadi salah satu perhatian utama bagi setiap pemilik bisnis. Selain membuat perusahaan Anda terlihat menarik bagi pekerja yang baik, ini juga menghemat banyak uang dari tahun ke tahun. Uang yang hilang karena cedera, sakit, dan masalah perawatan kesehatan lainnya merugikan bisnis Amerika Serikat miliaran dolar.

Dalam bisnis konstruksi, kita semua pernah melihat tanda-tanda “Hari-hari sejak kecelakaan”. Tetapi merasa aman di atas catwalk atau mengoperasikan alat berat dengan aman hanyalah salah satu aspek dari keselamatan di tempat kerja. Dalam banyak kasus, hal yang tidak terlihat bisa jauh lebih berbahaya.

Dengan membersihkan kontaminan udara, menghilangkan asap debu, dan membawa banyak udara segar, sistem ventilasi industri adalah salah satu garis pertahanan pertama melawan penyakit. Sistem ventilasi ini juga dapat mencakup cara menyediakan pengumpulan debu untuk pembuangan di masa mendatang. Pikirkan penyedot debu ukuran industri yang besar.

Dalam beberapa kasus, desain dan fabrikasi sistem ventilasi tidak ada hubungannya dengan kontaminan. Pertimbangkan ducting tudung oven baja tahan karat besar yang ditemukan di dapur komersial. Di sini sistem dirancang untuk menghilangkan asap, uap, dan panas dari area kerja agar memasak lebih nyaman.

Memiliki ventilasi yang baik adalah kunci untuk menyediakan ruang kerja yang aman dan sehat bagi karyawan Anda. Sistem ventilasi industri yang dirancang dengan baik menghasilkan kesehatan yang lebih baik bagi karyawan Anda serta mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja.

Lihat Juga: Jual Balometer

MENGAPA ANDA MEMBUTUHKAN VENTILASI INDUSTRI

  • Memberi orang-orang pasokan udara segar yang terus-menerus dari luar
  • Lindungi pekerja dari sengatan panas
  • Kurangi risiko kebakaran atau ledakan
  • Kurangi paparan kontaminan di udara

Selain itu, memiliki sistem ventilasi industri akan menghilangkan kebutuhan untuk merombak proses Anda sepenuhnya. Jika Anda menggunakan bahan kimia berbahaya, memiliki ventilasi yang baik adalah alternatif yang layak saat Anda mencari alternatif. Setelah fabrikasi dan pemasangan, sistem ventilasi yang dirancang dengan baik menghilangkan udara yang terkontaminasi dalam beberapa menit. Bahkan lebih cepat dalam beberapa kasus, tergantung pada ukuran ruangan dan kipas angin.

Saat merencanakan sistem, pertimbangkan di mana sumber kontaminasi berada. Di dapur, ventilasi ditempatkan tepat di atas kompor tanam. Tapi itu tidak selalu nyaman atau efisien di beberapa lingkungan kerja. Untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan tetap baik, penting untuk efisiensi bagaimana sistem kontrol polusi udara dirancang atau dipasang.

BAGIAN DARI SISTEM VENTILASI INDUSTRI

Sistem ventilasi industri terdiri dari dua bagian utama: sistem pasokan udara segar dan sistem pembuangan. Sistem pasokan mencakup saluran masuk udara, peralatan penyaringan udara, peralatan pemanas dan pendingin, kipas angin, saluran kerja, dan register distribusi udara.

Sistem pembuangan memiliki area pemasukan udara, saluran yang memindahkan udara dari satu area ke area berikutnya, alat pembersih udara, cerobong pembuangan, dan kipas. Kedua “ujung” sistem bekerja sama untuk menghilangkan berbagai macam kontaminan dari area tersebut.

Cek Juga: Jual Ventilation Meter

Ada dua tipe dasar sistem ventilasi untuk area kerja industri:

Ventilasi Pengenceran: Ini mengurangi jumlah kontaminan di udara dengan mencampurkan udara yang terkontaminasi dengan udara bersih dan segar. Metode ini biasanya melibatkan pemasangan kipas angin besar di dinding atau atap bangunan atau ruangan. Jenis sistem ini digunakan ketika polusi udara tidak terlalu tinggi, dan tingkat toksisitasnya rendah hingga sedang. Sistem pengenceran memerlukan lebih sedikit perawatan dan merupakan pilihan ventilasi terbaik untuk sumber kontaminan yang bergerak atau tersebar.

Ventilasi Buang Lokal: Sistem ini menangkap kotoran dan kontaminan udara di atau dekat sumber dan membuangnya ke luar. Ini membutuhkan penutup atau lubang lain yang akan menangkap polutan dari sumbernya. Sistem saluran memindahkan bahan kimia melalui sistem, menjauh dari dalam.

Sistem filter udara berkualitas membersihkan udara saat bergerak. Sistem ini digunakan di area di mana kontaminan lebih tinggi dan menimbulkan risiko lebih besar bagi karyawan dan orang lain di dalam ruang kerja. Sistem ini dapat menangani pembuangan berbagai jenis polutan termasuk asap logam dan debu. Ini menggunakan lebih sedikit energi daripada sistem pengenceran.

Kesehatan dan keselamatan

Ketika kesehatan dan keselamatan menjadi perhatian utama – dan memang harus demikian – sistem ventilasi yang efisien mutlak diperlukan. Bahkan dalam pengaturan kantor, puing-puing mikroskopis dapat membuat cawan petri skala penuh selama musim gugur dan musim dingin. Bersin di sini atau batuk di sana dan tiba-tiba seluruh kantor sakit.

Jaga agar udara tetap bergerak atau menderita kehilangan hari atau minggu produktivitas. Bahkan sistem turnkey seperti kipas jendela dapat membantu, tetapi tidak akan memberikan banyak bantuan di area yang lebih luas. Pertimbangkan fasilitas industri atau manufaktur yang sangat besar yang bekerja dengan bahan kimia atau menghasilkan debu dan partikel udara dalam jumlah banyak.

Kunjungi Juga: Jual Particle Counter