Kini ini teknologi berkembang cepat dan kian canggih. Beragam kelengkapan elektronik kian komplit dan bisa memenuhi keperluan banyak orang. Salah satu kelengkapan elektronik yang lazimnya dimiliki dalam rumah ialah kulkas. Kulkas menjadi keperluan utama untuk menaruh makanan dan minuman supaya terjaga kesegarannya dan bendung lebih lama.

Kulkas terus mengalami perkembangan, mulanya kulkas cuma mempunyai satu pintu, tetapi kini ini juga telah ada kulkas dengan dua pintu. Adanya berjenis-jenis opsi kulkas membikin kita menjadi kebingungan sebaiknya menerapkan kulkas satu pintu atau kulkas dua pintu. Berikut ini ialah keunggulan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing jenis kulkas.

Kulkas Satu Pintu

Kulkas satu pintu ialah jenis kulkas yang paling pertama dihasilkan dan cuma mempunyai satu pintu untuk membuka dan menutup kulkas. Kulkas jenis ini disukai banyak orang sebab desainnya yang simpel dan gampang dipakai. Untuk rumah yang mempunyai member sedikit cukup menerapkan kulkas satu pintu sebab kapasitasnya yang terbatas. Kecuali itu harga kulkas satu pintu juga relatif lebih murah dibandingi harga kulkas dua pintu.

Pada kulkas satu pintu komponen freezer dan komponen pendingin menjadi satu tanpa adanya batasan. Sebab tak adanya batasan ini karenanya wangi-wangian dari berjenis-jenis makanan dalam kulkas akan bercampur. Makanan mentah seperti daging ayam, sapi, dan ikan mempunyai wangi-wangian yang khas dan kuat. Seandainya tak dibungkus dengan rapat dan kemudian disimpan di dalam kulkas satu pintu karenanya makanan lain di dalam kulkas juga akan tercium seperti wangi-wangian daging.

Pemilik kulkas satu pintu juga sepatutnya rajin mengerjakan defrost, ialah progres mencairkan bunga es yang terwujud di sekitar dinding freezer. Kulkas satu pintu lebih gampang menyusun bunga es dan sekiranya tak dibersihkan akan menumpuk dan menebal sehingga ruang freezer kian sempit.

 

Kulkas Dua Pintu

Kulkas dua pintu mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingi kulkas satu pintu. Kulkas ini bisa menaruh lebih banyak persediaan makanan dan minuman di komponen pendinginnya. Temperatur pendingin juga menjangkau segala komponen kulkas sehingga makanan lebih awet dan bebas kuman. Kecuali itu komponen freezer pada kulkas dua pintu lebih luas sehingga bisa menaruh lebih banyak makanan beku.

Kulkas dua pintu mempunyai metode frost tidak dipungut bayaran yang akan mencegah terjadinya penyusunan bunga es sehingga tak terjadi penumpukan pada freezer. Dengan demikian kita tak perlu lagi membersihkan kulkas dari bunga es. Kecuali itu kita juga bisa menaruh lebih banyak makanan dalam freezer.

Tapi kulkas dua pintu juga mempunyai sebagian kekurangan. Sebab fungsinya yang lebih banyak karenanya kulkas jenis ini memerlukan tarif yang lebih besar. Harga kulkas dua pintu terhitung cukup mahal. Kecuali itu kulkas dua pintu juga membutuhkan konsumsi kekuatan listrik yang lebih besar sebab kapasitas penyimpanannya yang lebih banyak.

Tiap jenis kulkas mempunyai keunggulan dan kelebihannya masing-masing. Sesudah memperbandingkan keduanya kita bisa memilih sendiri kulkas mana yang akan kita pakai di rumah kita. Sebelum membeli kulkas sebaiknya kita mencari tahu secara komplit spesifikasi yang dimiliki setiap-setiap kulkas.

 

Baca Juga : Harga AC Daikin & Harga Mesin Cuci