Satuan Pengamanan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah security guard adalah mereka yang berperan penting untuk menjaga keamanan. Tapi hakikatnya peran satpam bagi sebuah perusahaan tak sebatas itu saja. Pada sebuah perusahaan, terbukti eksistensi satpam yang betul-betul penting dalam memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan tersebut. Untuk lebih memahami apa dan bagaimana satuan keamanan itu, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini!

Pengertian Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Satuan pengamanan atau lazim disingkat Satpam adalah satuan golongan petugas yang disusun oleh sebuah instansi, proyek, maupun badan usaha untuk melaksanakan keamanan jasmani (physical security) dalam rangka memberikan keamanan swakarsa di lingkungan kerja mereka.

Simak Juga: Perusahaan Jasa Security

Definisi lain dari Satpam yakni regu atau golongan yang bertugas mengamankan aset dari perbuatan kriminal atau kerusakan.

Satpam terbentuk oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menyadari bahwa mereka tak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban tanggung jawab dan fungsi kepolisian. Maka dari itu, pada tanggal 30 Desember 1980, satuan pengamanan ini sah disusun.

Peran Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Satpam berperan melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari berbagai jenis gangguan keamanan. Selain itu, mereka juga menegakkan undang-undang serta tata tertib yang berlaku di lingkungan tersebut.

Satpam menyediakan layanan keamanan profesional untuk gedung-gedung, kantor publik, infrastruktur publik, serta lokasi-lokasi bisnis atau perusahaan. Mereka bisa disusun oleh pemerintah ataupun organisasi swasta tetapi tetap konsisten diresmikan oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Cek Juga: Perusahaan Jasa Satpam

Berikut ini peran dari member Satpam:

– Unsur Pembantu Pimpinan lembaga/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.
– Unsur Pembantu Polri di bidang regulasi dan waspada keamanan (security minded) di lingkungan kerjanya.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang petugas Satpam sepatutnya memiliki profesionalitas dalam bekerja. Bentuk profesionalisme dari petugas Satpam, adalah mempunyai kecakapan jasmani yang prima, pribadi yang disiplin, tegas juga tetap sopan, arif, serta tanggap pada tiap-tiap momen yang terjadi di kawasan keamanannya.

Bila terjadi persoalan keamanan di kawasan keamanannya, maka hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab dari petugas Satpam tersebut. Ia sepatutnya bisa menangani permasalahan tersebut semaksimal mungkin. Tapi bila hal-hal tersebut telah berada di luar batas kemampuannya, maka satpam sepatutnya langsung menghubungi pihak kepolisian.

Untuk bisa melaksanakan tugasnya secara lebih maksimal dan profesional, maka seorang satpam sepatutnya mempunyai kecakapan bela diri dasar yang mumpuni serta tahu caranya melumpuhkan dan menangkap pelaku kriminal yang mengganggu keamanan di areanya kerjanya.

Persyaratan dan Keterampilan Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Berikut ini yakni beberapa kualifikasi yang digunakan untuk mendapatkan satuan pengamanan (satpam) yang profesional:

– Surveillance Keterampilan, Objektivitas, kontrol emosi, integritas, Manajemen Keselamatan, Profesionalisme, Keterampilan Pelaporan, Lulus percobaan kesehatan, dan kesamataan, lulus psikotes, serta sertifikat bebas narkoba.
– Mengikuti diklat minimal Garda Pratama dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Penyedia Jasa Security

Peran Penting Surity Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam) bagi Sebuah Perusahaan

Banyak orang berpikir jika petugas satpam hanya sebatas menjaga keamanan saja, tetapi hakikatnya mereka memegang peran yang cukup penting bagi sebuah perusahaan. Terkadang orang lupa bahwa security guard adalah wajah perusahaan. Disebut sebagai wajah perusahaan karena mereka adalah orang yang memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan.

Perusahaan yang bagus sadar untuk mengkoreksi wajah perusahaan untuk meningkatkan citra perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan membuat tata tertib, tata sistem, petunjuk pelayanan, serta moral pelayanan petugas satpam sebagai front liner. Karena itu, petugas satpam sepatutnya selalu dilatih etos kerjanya, karakternya, sikapnya, tradisinya, perilakunya, emosinya, cara berpakaiannya, serta hati nuraninya. Mereka sepatutnya benar-benar disiapkan dengan baik untuk dapat memberikan pelayanan prima.

Saat pertama kali para tamu maupun pelanggan masuk kawasan perusahaan, para petugas satpam sepatutnya bisa memberikan pelayanan prima bagi para tetamu yang datang. Mereka sepatutnya mampu mewujudkan perilaku dan sikap yang cekatan dalam melakukan pelayanan sehingga membuat para tamu atau pelanggan yang datang ke perusahaan bisa merasa tenang dan nyaman.

Security guard sebagai wajah perusahaan sepatutnya ditampilkan sesempurna mungkin. Oleh sebab itu, perusahaan sepatutnya bisa merekrut orang-orang yang sesuai dan bertalenta untuk berprofesi sebagai petugas security guard atau satpam.

Demikianlah pembahasan perihal security guard atau satuan pengamanan (satpam). Security guard adalah wajah perusahaan yang bisa meningkatkan citra perusahaan. Oleh sebab itu, satpam mengatur peranan yang penting dan tidak hanya sebatas menjaga keamanan saja.

Kunjungi Juga: Jasa Keamanan Satpam