Desain membuka peluang berharga bagi bisnis. Pentingnya sering diremehkan, tetapi desain yang baik dapat membawa beberapa manfaat bisnis yang signifikan.

Tahapan penelitian dan prototipe dari proses desain dapat menghasilkan ide-ide produk baru dan memungkinkan Anda untuk menemukan kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda.

Artikel terkait : Cetak Sticker

Desain kemudian dapat membantu Anda mengubah ide-ide ini menjadi produk dan layanan yang inovatif dan kompetitif yang cocok untuk pasar Anda. Anda juga dapat menggunakan desain untuk membuat proses bisnis Anda lebih efisien dan untuk memperkuat pendekatan pemasaran Anda.

Manfaat bisnis dari desain

Bukti menunjukkan bahwa menggunakan desain meningkatkan kinerja bisnis. Bisnis yang meremehkan pentingnya desain mungkin kehilangan peluang vital.

Desain dapat membawa berbagai manfaat komersial jika digunakan secara sistematis di seluruh bisnis Anda. Manfaat-manfaat ini termasuk:

  • peningkatan penjualan produk atau layanan Anda
  • peningkatan posisi pasar relatif terhadap pesaing Anda
  • loyalitas pelanggan yang lebih besar dan lebih sedikit keluhan pelanggan
  • identitas yang lebih kuat untuk bisnis Anda
  • kemampuan untuk menciptakan produk dan layanan baru dan membuka pasar baru
  • mengurangi waktu ke pasar untuk produk dan layanan baru

Merancang untuk pelanggan Anda

Penggunaan desain yang efektif memberi pelanggan alasan untuk membeli dari Anda dan bukan dari pesaing Anda. Ini adalah sumber diferensiasi yang berharga – produk atau layanan yang dirancang dengan baik akan menonjol dari pesaing.

Desain juga menambah nilai pada produk dan layanan. Pelanggan seringkali bersedia membayar lebih untuk produk yang dirancang dengan baik yang dapat menawarkan manfaat seperti kegunaan yang lebih besar, peningkatan fungsionalitas, dan peningkatan estetika.

Baca juga : Cetak Banner

Merancang untuk efisiensi

Tetapi selain meningkatkan produk dan layanan yang Anda jual, desain juga dapat meningkatkan cara bisnis Anda beroperasi – efisiensi prosesnya, efektivitas biaya bahan baku yang digunakan, kualitas kemasannya.

Selain meningkatkan nilai produk dan layanan Anda kepada pelanggan, desain dapat memangkas biaya produksi. Desain proses pembuatan yang cermat, misalnya, dapat membawa penghematan besar. Ini juga dapat membuat proses dan penggunaan material lebih efisien dan ramah lingkungan, membantu bisnis mematuhi peraturan dan perundang-undangan keberlanjutan.

Bagaimana bisnis menggunakan desain

Desain mencakup lebih dari sekedar penampilan luar produk atau elemen grafis dari hal-hal seperti situs web Anda, pengemasan dan materi pemasaran. Ini memainkan peran dalam hampir setiap aspek dari apa yang dilakukan kebanyakan bisnis.

Di beberapa daerah, pentingnya desain cukup jelas – misalnya, ketika sebuah bisnis menciptakan tampilan yang konsisten di seluruh produknya, papan nama, alat tulis, dan kegiatan pemasaran.

Desain juga dapat digunakan untuk memberi manfaat bagi bisnis Anda dengan banyak cara yang kurang jelas. Ingatlah bahwa desain bukan hanya tentang mengelola penampilan bisnis Anda – tetapi juga tentang mengelola proses bisnis Anda sehingga biayanya seefektif mungkin.

Bisnis menggunakan banyak jenis desain, di antaranya:

  • desain produk – termasuk ergonomi
  • desain teknik
  • desain grafis – dari manual dan literatur pemasaran hingga signage dan antarmuka perangkat lunak
  • desain kemasan
  • desain situs web dan antarmuka
  • desain ritel
  • desain interior dan fit-out
  • desain pameran
  • arsitektur – khususnya untuk perbaikan dan modifikasi bangunan

Merupakan ide yang bagus untuk melakukan audit desain – lihat bidang-bidang utama bisnis Anda seperti merek Anda, pengembangan produk dan layanan Anda, praktik kerja Anda dan komunikasi pelanggan dan kemudian pertimbangkan peran apa yang dimainkan desain di dalamnya. Mungkin ada peluang untuk menggunakan desain untuk membuat bisnis Anda lebih efisien dan untuk menambah nilai pada produk dan layanan Anda untuk pelanggan Anda.

Jadikan desain sebagai bagian dari strategi bisnis Anda

Desain layak mendapat perhatian lebih daripada yang sering diterima dari pemilik bisnis dan manajer. Ini sering dilihat sebagai sentuhan akhir dalam pengembangan produk atau layanan – sesuatu yang akan digunakan setelah strategi telah dirumuskan, keputusan kunci telah dibuat dan anggaran telah dialokasikan.

Bisnis yang sukses memasukkan desain sebagai bagian dari strategi bisnis mereka sejak awal. Ini karena melibatkan desain pada tahap awal dapat menghemat uang Anda dan menghasilkan penawaran yang lebih baik dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda.

Anda tidak perlu perancang profesional untuk menggunakan desain secara strategis – hanya mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda merupakan langkah penting dalam mengambil keuntungan dari manfaat desain. Membuat perubahan kecil sekalipun dapat memberikan hadiah yang besar.

Langkah pertama Anda untuk menggunakan desain secara lebih strategis harus mencakup:

  • menunjukkan dengan tepat di mana dan bagaimana desain saat ini digunakan dalam bisnis Anda
  • mengidentifikasi cara-cara meningkatkan proses desain – seperti meningkatkan keterlibatan manajemen atau menggunakan konsultan desain profesional
  • mencari area bisnis Anda di mana peluang desain dilewatkan
  • memastikan pertimbangan desain ditampilkan dalam semua rapat dan dokumen perencanaan bisnis Anda
  • melakukan riset pasar untuk memastikan Anda tahu apa yang dibutuhkan pelanggan Anda

Penasihat bisnis dengan pengetahuan desain dapat memberikan panduan tentang penggunaan desain dan bekerja dengan desainer.

Info Selengkapnya disini >>> Neon Box