Di jaman sekarang  ini telah banyak bermacam-macam material bangunan yang mempunyai peran sesuai dengan kegunaannya, salah satunya yaitu pada bagian pintu. Secara umum yang dapat dilihat adalah jenis pintu yang terbuat dari bahan dasar berupa kayu, almunium, kaca dan sebagainya.

Selain itu, masih ada jenis material yang fungsinya tidak jauh beda dengan pintu, seperti folding gate dan rolling door. Secara fungsional keduanya memberikan manfaat yang sama dalam sebuah bangunan.

Berbeda dengan pintu pada umumnya, rolling door dan folding gate digunakan pada garasi mobil yang memerlukan pintu panjang dan lebar.

Tidak hanya untuk dipergunakan untuk garasi, namun folding gate dan rolling door juga dimanfaatkan sebagai pintu utama dari bermacam-macam jenis konstruksi bangunan seperti toko dan ruko.

Pintu garasi atau ruko yang digunakan memberikan mutu dengan material folding gate dan rolling door yang sesuai dengan keperluan. Meskipun secara fungsi sama, tetapi ada perbedaan antararolling door dan folding gate.

Untuk rolling door sendiri merupakan gerbang besi yang memiliki cara buka tutup dari atas ke bawah dan sebaliknya. Untuk aturan pada sistem rolling door tertutup, karenanya bagian pintunya akan menggulung pada bagian atas rolling door, sehingga tidak memakan banyak ruang pada garasi.

Penggunaannya sendiri juga terlihat lebih fleksibel dengan hanya satu gerakan ke atas dan kebawah. Berbeda dengan jenis gerbang yang umumnya digunakan sebagai gerbang atau pintu depan yang umumnya menggunakan jenis folding gate.

Perbedaan pintu rolling door dan folding gate

Seperti yang diketahui bahwa folding gate merupakan pintu besi dengan cara buka tutup yakni dengan menggesernya ke kanan dan ke kiri.

Penerapan folding gate umumnya tidak terlalu sering kali digunakan pada bangunan rumah. Hal ini dikarenakan dari segi keindahan terlihat kurang menarik tetapi lebih ke sebuah toko atau ruko maupun gudang.

Folding gate mempunyai saf atau engsel pada setiap lekukan daun pintunya, sehingga jika gerbang digeser secara otomatis pintu besi akan merapat sehingga tidak memakan banyak ruang pada ujung gerbang.

Untuk melihat lebih mendetail mengenai bebera perbedaan rolling door dan folding gate, maka anda dapat melihat ulasannya dibawah ini.

Pintu Folding Gate

Pemasangan pintu folding gate pada sebuah gedung dirancang untuk membuat isi yang ada didalamnya lebih aman dan menekan biaya. Dengan ukurannya yang besar membuat folding gate jauh lebih kuat dengan penerapan jangka panjang dibanding dengan rolling door.

Selain kokoh dan kuat, folding gate terdapat besi yang menyilang di dalam dengan  sistem harmonika yang membuat struktur materialnya lebih kokoh. Bahan material pada umunya terbuat dari aluminium, besi, dan galvanis.

Tapi yang menjadi kekurangan dari pemasangan folding gate adalah lebih cepat mengalami korosi, sehingga pengguna harus melapisi dengan cat anti karat. Selain itu untuk membuat pintu juga mempunyai warna yang lebih menarik.

Pintu Rolling Door

Berbeda dengan pintu folding gate dimana dia memberikan struktur yang kuat, sedangkan untuk pintu rolling door lebih memberikan kesan elegan.

Pemasangan pintu rolling door dapat diterapkan untuk garasi rumah atau kios-kios kecil.

Pemasangan dari rolling door sendiri lebih mudah karena bahannya yang lebih ringan dengan material stainless steel. Pintu dengan cara digulung ini tersedia dalam 2 macam yaitu secara manual dan otomatis.

Untuk yang manual pintu dapat dibuka dengan bantuan manusia itu sendiri, sedangkan yang otomatis dapat menggunakan bantuan listrik untuk menggerakan pintu.

Kekurangan dari rolling door sendiri adalah sering kali macet pada slot gulungan diatas. Selain itu, penerapan rolling door belum terlalu efisien karena kemungkinan pengamanan yang masih kurang.

Penerapan rolling door dan folding gate harus disesuaikan dengan keperluan dari pengguna itu sendiri. Dari beberapa perbedaan folding gate dan rolling door, keduanya memiliki dampak positif dan negatifnya tersendiri.

Kedua macam pintu luar ini mempunyai beberapa persamaan dari segi fungsi dan juga penerapan. Meski untuk macam folding gate dan juga rolling door menjadi pilihan para pembeli diantaranya PVC, almunium dan juga gavalum.

Dari segi harga rolling door dan folding gate mempunyai perbedaan yaitu untuk rolling door lebih murah dibanding dengan folding gate. Tetapi, untuk pengguna kedua jenis pintu tersebut jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan supaya tidak macet pada saat digunakan.

Simak Juga: Pintu Harmonika